Piala PG/TK Al Husna

Piala ini diberikan kepada siswa siswi PG/TK Al Husna yang menjadi 9 Bintang Kecerdesan 2013.

Marchingband PG/TK Al Husna

Marchingband siswa siswi PG/TK Al Husna. Sangat terampil dan mempesona.

Pantomim

Pantomim ini dilakukan oleh siswa siswi PG/TK Al Husna. Begitu lucunya mereka.

Tari Merak PG/TK Al Husna

Sangat cantik dan menarik.

Ibu Kepala Sekolah bersama seluruh Guru dan Karyawan PG/TK Al Husna

Foto bareng ini dalam acara pelepasan siswa siswi PG/TK Al Husna 2013.

Jumat, 02 Oktober 2009

PROFIL PG/ TK ISLAM AL- HUSNA

Identitas Sekolah :

1. Nama Sekolah -----------------------------PG/TK Islam Al- Husna
2. Alamat/Desa ----------------------------- Sekretariat Pusat : Jl. Lawang View Tama I/ 9
------------------------------Sekretariat Unit I : Jl. Mayor Abdullah 250
Kecamatan ------------------------------ Lawang
Kabupaten ------------------------------Malang
Propinsi -----------------------------Jawa Timur
Nomor Telpon 0341- 423268- 422846 - 422850 - 7087706
Email pgtk.islam.alhusna@gmail.com
Website pgtk-alhusna.blogspot.com
3. Status Sekolah Terakreditasi- A
4. SK Kelembagaan 420/ 344/ 429.131/ 2001
5. NSS 004052608657
6. Tahun Didirikan 2001
8. Status Tanah Hak Milik
9. Luas Tanah 361 M2 dan 274 M2
10. Nama Kepala Sekolah Fauziah Hermawati, SPd

Perkembangan Siswa Sekolah 8 Tahun Terakhir

Rombongan Belajar Tahun Pelajaran
01/02 02/03 03/04 04/05 05/06 06/07 07/08 08/09 09/10
1. PG-A - 6 8 15 15 13 15 13 7
2. PG-B1 15 12 8 15 15 16 15 16 16
3. PG-B2 18 12 8 15 15 15 15 16 17
4. PG-B3 - - 8 15 15 16 15 16 16
5. PG-B4 - - - - - - - - 8 (ABK)
6. TK-A1 23 32 35 35 33 33 32 32 33
7. TK-A2 - 31 35 35 33 33 32 32 32
8. TK- A3 - - - - 33 33 32 33 33
9. TK-A4 - - - - - - - 32 34
10.TK-A5 - - - - - - - - 9(ABK)
11. TK-B1 14 23 31 35 35 36 32 33 33
12. TK-B2 - - 35 35 35 36 32 33 33
13. TK-B3 - - - - - 25 32 33 33
14. TK-B4 - - - - - - - 34 33
JUMLAH 70 93 168 140 200 256 252 323 337


Visi

1. Mewujudkan TK Islam Al- Husna sebagai lembaga pendidikan yang bermutu tinggi.
2. Membentuk anak muslim dan Muslimah yang berkepribadian Islam, cerdas dan berprestasi.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan pradasar yang memadukan aspek kecerdasan akal, kepribadian Islam dan kesehatan jasmani di tengah masyarakat.

Tujuan

1. Mendidik anak muslim sehingga menjadi manusia yang cerdas, aktif-kreatif dan berkepribadian Islam
2. Mewujudkan sebuah institusi pendidikan pradasar secara terpadu.
3. Menciptakan lingkungan pendidikan integratif antara aspek afektif, kognitif dan psikomotorik dalam suasana pendidikan Islami.
4. Menggalang peran serta masyarakat dalam pembinaan anak-anak.
5. Membendung de-islamisasi melalui bidang Pendidikan.


Program Unggulan

1. Penerapan sistem sekolah terpadu yang mengintegrasikan unsur-unsur utama sebagai berikut:
a. Pendidikan umum yang terpadu dengan agama.
b. Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
c. Sekolah, keluarga dan masyarakat.

2. Penerapan metoda " Ayo Mengaji " dalam pengajaran baca-tulis al-Qur'an.
3. Penerapan metoda Quantum Teaching, Quantum Learning, Learning by doing dan Active Learning dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga anak didik memahami cara belajar (how to learn) yang baik dengan alat Bantu multimedia- audiovisual.
4. Pembentukan mental aritmatika pada anak didik dengan metoda abacus (sempoa)
5. Seluruh tenaga pendidik terdiri dari para praktisi pendidikan anak yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi dalam pendidikan.
6. Pembentukan jiwa kepemimpinan pada anak didik dengan metoda ekspresi.
7. Menyelenggarakan program ekstrakurikuler, antara lain:
a. Tartilul Qur'an’ ( baca tulis Al- Qur’an ).
b. Bahasa Arab dan Inggris
c. Komputer
d. Mental Aritmatika ( Sempoa )
e. Drum Band
f. Sanggar Lukis
g. Sanggar Tari
h. Dll.

Karakter Anak Didik:

1. Anak didik menjadi anak yang shalih, bertaqwa kepada Allah SWT. yang tercermin pada:
- Aqidah yang lurus, cinta Allah dan Rasulullah
- Ketekunan beribadah dengan cara yang benar sesuai syariah
- Memiliki akhlaq yang mulia
- Memiliki kepribadian Islam (syakhsiyyah lslamiyyah) yang kuat
2. Anak didik memiliki perkembangan yang bagus pada aspek multiple intelligences (multi kecerdasan), emosi dan psikomotorik.
3. Anak didik mampu membaca dan menulis bahasa Al-Qur'an serta hafal surat- surat pendek.
4. Anak didik memiliki kemandirian dan terampil akibat selesainya tugas perkembangannya.
5. Anak didik memiliki rasa kecintaan terhadap ilmu dan semangat belajar yang tinggi
6. Anak didik memiliki pengetahuan yang cukup dan memahami cara belajar dan bermain yang baik
7. Anak didik memiliki sifat dan jiwa kepemimpinan yang baik

Fasilitas :

1. Konsultasi psikologi
2. Kontrol kesehatan anak didik secara berkala
3. Suasana belajar dan bermain yang aman, nyaman, dan jauh dari polusi
4. Antar jemput anak didik ke sekolah
5. Laboratorium Audiovisual dan komputer
6. dll

PENGANTAR



Perubahan global pada semua segi kehidupan yang demikian cepat telah melahirkan sejuta peluang dan sekaligus tantangan yang berat bagi perkembangan anak-anak Islam. Teknologi informasi, komputer, internet, audio visual dan telekomunikasi seolah telah menjadikan anak-anak hidup pada 'kampung dunia' yang kecil. Pada lingkungan yang demikian itulah anak-anak Islam akan berhadapan dengan sejuta ragam budaya, ideologi dan tata nilai beserta deislamisasi yang hampir tak terbendung kehadirannya di hadapan mereka. Untuk memilih dan memilahnya diperlukan pembekalan diri secara lengkap sehingga anak-anak Islam dapat menghadapi tantangan jaman dengan sebaik-baiknya dan secara optimal mampu memanfaatkan kemajuan teknologi demi tercapainya visi dan misi hidupnya untuk mewujudkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Atas dasar ini, YPP Al- Husna berupaya untuk mengembangkan pendidikan pradasar sebagai langkah strategis dalam upaya mencetak anak-anak Islam yang berkepribadian Islam sejak dini. Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan berupa Play Group /Taman Kanak- kanak Islam ( TKI ) Al- Husna.